Menjajal Nissan March Supercharger


Setelah lama melenggang, akhirnya Nissan March akan melakukan facelift untuk menyegarkan penampilannya di pasar Indonesia. Bahkan PT Nissan Motor Indonesia siap merilis pilihan mesin baru untuk hatchback mungil Nissan ini.
Mesin berkonfigurasi 3-silinder yang telah dilengkapi katup variabel ini, memang tergolong irit. Bahkan dengan mode berkendara eco, tim Auto Bild mampu mencatat konsumsi BBM 21,8 km/l untuk rute Jakarta – Yogyakarta saat media test drive di tahun 2010.
Karakter mesin 3-silinder itulah yang membuat March hemat dalam mengkonsumsi BBM. Meski tenaga yang dihasilkan hanya 76 dk namun torsi sebesar 103 Nm pada 4.000 rpm. Minimnya tenaga membuat tenaga diputaran tinggi terasa minim sehingga ia kurang asyik untuk melaju di jalan bebas hambatan.
Atas dasar itu, Nissan merilis supercharger untuk meningkatkan tenaga mesinnya. Meski menurut kami, turbocharger akan lebih cocok untuk mesin 3-silinder di putaran atas. Tapi hal ini tetap memberi kontribusi positif terhadap tenaga yang dihasilkan. Dengan tambahan teknologi ini, March 1.2 supercharger mampu menghasilkan tenaga 98 dk dan torsi 142 Nm.
Auto Bild pun langsung mencobanya saat di Nissan 360, Irvine, California, Amerika. Perbedaan utama sudah hadir dari penampilan eksterior yang memang merupakan versi facelift Nissan March atau Micra. Desain gril, lampu serta bumper mengalami perubahan yang signifikan. Satu yang menarik adalah telah sematkannya smart key sebagai kelengkapan standar. Jadi Anda tak perlu lagi repot saat hendak mengunci atau membuka pintu mobil.
Di interior, perubahan juga terjadi. Salah satunya adalah lubang AC tengah yang kini tak lagi berbentuk bulat. Lalu panel instrumen juga turut diubah dengan hadirnya on-board computer di bagian tengah speedometer. Tombol audio di kemudi pun hadir berikut dengan stability control yang telah menjadi kelengkapan standar.
Dengan transmisi manual, unit tes kami ini terasa begitu responsif saat berakselerasi. Data klaim menyebutkan angka 11,3 detik untuk sprint 0-100 km/jam dan top speed mencapai 180 km/jam. Bobot kendaraan pun meningkat menjadi 1.045 kg atau lebih berat 100 kg dari model saat ini.
Untuk pengendalian sendiri, March tak berbeda dari pendahulunya. Tetap mengandalkan ban berukuran 185/55 R15 membuat ia tetap terasa easy handling meski bangku terasa kurang mendekap saat bermanuver cepat. Suspensi pun tetap terasa lembut untuk ukuran sebuah hatchback.
Sayangnya, pilihan mesin ini bukan menjadi pilihan Nissan Motor Indonesia untuk model terbarunya nanti. Pilihan mesin 1.500 cc akan disematkan sebagai pilihan March yang lebih bertenaga. Hal ini membuat March terbaru akan menjadi rival dari Honda Jazz dan Toyota Yaris yang juga akan segera berganti model tahuin depan.
Rival |
Toyota Yaris J M/T Mesin: 1.497 cc 4 silinder, 109 dk 0-100 km/jam: 10 detik Harga: Rp 197,15 juta + Mesin irit dan responsif, visibilitas - Siap berganti model, pengaturan sandaran bangku belakang |
![]() |
First opinion Ini memang bukan pilihan mesin yang akan ditawarkan NMI untuk pasar Indonesia. Pertimbangan terhadap penggunaan bahan bakar berkualitas membuat March 1.2 supercharger urung didatangkan. Walau bagaimana pun, fleksibilitas dalam penggunaan bahan bakar di Indonesia masih sangat diperlukan agar konsumen tertarik untuk memilikinya. Untuk itulah, mesin 1.500 cc dipilih untuk dirilis pada awal Desember mendatang. Nantikan First Drive kami di edisi mendatang. Sekilas Pandang - March akan memiliki 2 pilihan mesin; 1.200 cc dan 1.500 cc - Model ini akan dilaunch awal Desember 2013 |
KUSNIN_NISSAN
0852 5007 1979
0542 - 5657129
Pin BB : 7641dc2c
email : kusnin79@yahoo.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar